Tips Mengatasi Stres dalam Menghadapi Deadline Tugas Kuliah


 


Ada banyak hal yang bisa menyebabkan stress, diantaranya adalah kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan, banyak tugas, banyak hutang, dll. Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang juga bisa memicu stress.

Lalu, bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan stress? Berikut ini adalah beberapa tips cara menghilangkan stress yang bisa anda coba.



1. Berteriak
Salah satu tips stres yang terbukti ampuh untuk menghilangkan stress adalah dengan berteriak. Saat stress, kita akan merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hati. Lepaskan saja perasaan tidak enak itu. Berteriak sekencang-kencangnya.

2. Meditasi
Para ahli kesehatan mengatakan bahwa alat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress adalah meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu. Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.

3. Pijat (body massage)
Lakukan pemijitan tubuh (body massage), karena pemijitan baik sekali untuk relaksasi dan penormalan tekanan darah. Setelah pemijitan, anda akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan lebih baik keletihan anda.

4. Olahraga
Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.

5. Permainan seru
Ajaklah kerabat Anda untuk menikmati permainan papan yang seru, bahkan permainan-permainan yang sering Anda mainkan sewaktu kecil. Dijamin dalam sejekap otak Anda akan berpindah haluan dari stres menjadi senang.

6. Membaca
Carilah buku bacaan yang memang benar-benar disukai. Kalau perlu, habiskanlah waktu berjam-jam di toko buku untuk memilih satu buku yang paling menarik hati. Dengan membaca, perhatian yang tadinya tertuju pada stres, akan teralihkan pada hal-hal yang disenangi.

7. Mendengarkan musik
Anda bisa membeli CD lagu-lagu yang memang khusus diciptakan untuk mengurangi stres. Musik seperti itu akan menenangkan hati, pikiran, serta memperbaharui jiwa.

8. Tidur
Ini sudah menjadi jurus jitu dalam mengurangi stres. Disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk melenyapkan stres yang sering melanda.

9. Makan
Sebagian orang ada juga yang ketika ia tengah stress maka sebagai pelariannya adalah makan yang banyak. Mungkin anda juga bisa coba cara ini. Tapi ingat, jangan sampai hanya karena stress berat badan anda ikut meningkat drastis karena banyak makan.

Setiap orang tentunya berbeda-beda dalam hal cara menghilangkan stress. Tinggal anda, bagaimana cara anda menghilangkan stress.