Cara Menjinakkan BOS Galak

 
Bos adalah orang yang harus selalu dihormati. Namun terkadang memang ada beberapa bos yang terkesan galak bahkan mengerikan bagi karyawannya. Kesalahan kecil saja bisa menjadi kesalahan yang fatal. Jika anda tidak mampu menunjukkan hal yang baik dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada, maka
bisa dipastikan anda tidak akan tahan dengan kondisi yang demikian. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa hal yang berguna untuk mengatasi dan menyikapi atasan yang demikian. Agar anda bisa mengambil langkah penanganan yang tepat, kali ini akan dibeberkan mengenai beberapa hal yang bisa anda terapkan untuk menyikapi tipe bos yang galak.

• Inisiatif serta proaktif
Agar anda tidak dimarahi oleh bos anda, yang perlu anda lakukan sebenarnya sederhana yaitu lakukan setiap pekerjaan anda dengan baik. Tunjukkan bahwa anda memang professional di bidang anda dengan bekerja secara maksimal. Dengan demikian, secara otomomatis anda akan tergerak untuk melakukan inisiatif dan bersikap proaktif dalam mencapai prestasi. Inilah yang menjadi senjata anda dalam memikat bos anda. Prestasi inilah yang akan membuat anda tetap bertahan di perusahaan tersebut bahkan membuat anda lebih berkembang.

• Tenang dan Bijak
Saat anda menghadapi bos dengan tipikal yang galak, anda harus tetap tenang. Tahan emosi anda dan berusaha untuk menyikapinya dengan bijaksana. Jika anda sedang dimarahi oleh bos anda, jangan terpancing dan ikut mengatasi masalah tersebut dengan emosi. Hal yang lebih baik untuk dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan yang baik dan terencana. Jangan lakukan serangan secara langsung. Dengan demikian anda akan jauh lebih mudah saat menghadapi bos anda.

• Ciptakan komunikasi yang baik
Saat sedang berbicara, perhatikan nada bicara anda. Jangan timbulkan kesan bahwa anda sedang menilai bos anda. Jika anda mengutarakan suatu pernyataan, jangan sampai anda mengutarakan hal yang tidak bisa anda pertanggung jawabkan. Selain itu, jangan pernah memperbincangkan hal-hal yang sifatnya pribadi dengan bos anda. Jadi tunjukkan bahwa anda cerdas dalam berkomunikasi dan bekerja, dengan demikian bos anda tentunya akan lebih menghargai anda.

• Hindari konflik
Konflik adalah musuh berbahaya yang bisa mematikan suatu hubungan, termasuk dalam kehidupan professional. Jadi jangan pernah menciptakan konflik dalam lingkungan kerja anda , terlebih jika konflik tersebut antara anda dengan bos anda. Hal ini seperti semut yang memusuhi gajah. Jika anda melakukan hal yang demikian terlebih jika anda melakukannya di depan publik, maka kesan yang muncul adalah bahwa anda termasuk orang yang melanggar aturan. Selain itu jangan pernah membicarakan kejelekan bos anda di depan rekan kerja anda. Meski mereka terlihat setuju, anda tidak bisa memastikan hal tersebut bukan? Jadi lebih baik hindari konflik dan tetap bersikap sopan dan damai di lingkungan kerja anda.



Sumber