NASA Bantah Ramalan Suku Maya

Sejumlah prediksi akan berakhirnya peradaban mengundang debat di dalam masyarakat, mulai dari tabrakan yang akan terjadi antara bumi dan sebuah planet, badai matahari, maupun jatuhnya asteroid dan meteroid.

Namun, Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA) membantah prediksi ramalan suku Maya yang mengatakan bumi akan berakhir pada 21 Desember 2012. NASA menegaskan bumi akan tetap aman hingga 4 milliar tahun lagi. Jika memang ada hal yang mengancam keberadaan bumi, peneliti NASA pasti sudah mengetahuinya terlebih dahulu.

Salah satu rumor yang sempat beredar adalah tabrakan yang akan terjadi antara bumi dan sebuah planet, Niburu.

Para astronot yakin bahwa hingga saat ini tidak ada tanda-tanda. Karena itu tidak perlu khawatir ada sebuah planet atau objek angkasa yang akan menghancurkan bumi.

NASA juga membantah rumor kemungkinan bumi akan bertabrakan dengan sebuah meteor dan meteorid besar dalam waktu dekat. Menurut NASA, benturan terakhir terjadi 65 juta tahun lalu dan mengakibatkan berakhirnya periode kehidupan dinosaurus di muka bumi.

Meskipun rumor ini berasal dari catatan penanggalan suku Maya, banyak masyarakat Maya yang tidak percaya. Sekelompok suku Maya bahkan melaksanakan beragam upacara tradisi pada tanggal 21 Desember. Menurut mereka, perayaan itu untuk menyambut sebuah era baru, bukan pertanda kiamat.

Akhir kalender suku Maya yang memiliki rentang waktu 5.125 tahun atau baktun, dikatakan akan berakhir pada 21 Desember 2012. Akhir baktun ke-13, dimulai sejak fajar hari Jumat 21 Desember dan dimulailah perhitungan awal baru baktun ke-14.

Sumber